Dewasa
ini sangat tidak asing jika mendengar kata bisnis, bahkan majunya perekonomian
suatu negara dipengaruhi oleh bisnis dan
para pelakunya. Tapi, apa kalian tahu arti bisnis yang sebenarnya dan studi
kasus apa saja yang mempengaruhi bisnis itu sendiri? Nah disini saya akan
menjelaskan arti bisnis dan juga studi kasusnya.
Ø
Pengertian
bisnis menurut Wikipedia
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata
bisnis dari bahasa Inggris “business”, dari kata
dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun
masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)
Berikut
adalah pengertian bisnis menurut para ahli:
1.
Brown
dan Petrello (1976)
Bussinessis is an institution which
produces goods and service demanded by people.
Yang
berarti bisnis adalah sebuah lembaga yang menghasilkan jasa dan barang yang sedang
diperlukan oleh masyarakat. Namun apabila kebutuhan keperluan masyarakat
meningkat, maka dari lembaga bisnis akan meningkatkan produksinya untuk
memenuhi semua kebutuhan masyarakat sambil mendapat keuntungan.
2.
Musselman
dan Jackson (1992)
Bisnis
merupakan jumlah dari kesulurahan aktivitas yang diorganisir oleh orang yang
sedang berkecimpung di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan
jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan memperbaiki kualitas hidup.
Saya simpulkan, bisnis adalah
sebuah organisasi yang menyediakan atau memproduksi barang atau jasa bagi kepentingan
hidup orang banyak untuk mendapat keuntungan.
Nah, saya akan
menganalisis studi kasus bisnis di Indonesia dengan menggunakan analisis
promosi sampai dengan analisis SWOT. Sebagai contoh fast food restaurant yang
sudah terkenal di Indonesia yaitu McDonald’s Indonesia.
- Sejarah McDonald’s Indonesia
Restoran
McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari
McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc, MBA adalah warga Negara
Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan
mengalahkan 13.000 pesaing.
- Produk
McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast
food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap
saji.
- Price
Penentuan harga ditetapkan berdasarkan dengan kemampuan daya beli
konsumen di lingkungan tersebut.
- Place
Lokasinya harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu kawula
muda dan keluarga.
- Promotion
ü Advertising,
melalui stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan
McDonald’s dan promosi menggunakan spanduk, banner, maupun poster.
ü Show case,
yaitu berupa merchandise McDonald’s.
ü Event, yang dilaksanakan
di McDonalds dijadikan sebagai sarana promosi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan
lain.
- Analisis SWOT
§ Strengths,
hadirnya sistem delivery orderyang mudah digunakan oleh konsumen yaitu dengan
menelpon 14045.
§ Weakness,
teknik pemasaran atau periklanan yang mengutamakan pada anak-anak.
§ Opportunities,
berlanjut untuk menggunakan teknologi dalam mempengaruhi strategi pendapatan,
misalnya menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.
§ Threat, bagi konsumen
yang sadar akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar