Rabu, 01 Oktober 2014

studi kasus bisnis



Dewasa ini sangat tidak asing jika mendengar kata bisnis, bahkan majunya perekonomian suatu negara  dipengaruhi oleh bisnis dan para pelakunya. Tapi, apa kalian tahu arti bisnis yang sebenarnya dan studi kasus apa saja yang mempengaruhi bisnis itu sendiri? Nah disini saya akan menjelaskan arti bisnis dan juga studi kasusnya.

Ø  Pengertian bisnis menurut Wikipedia
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggrisbusiness”, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Berikut adalah pengertian bisnis menurut para ahli:
1.    Brown dan Petrello (1976)
Bussinessis is an institution which produces goods and service demanded by people.
Yang berarti bisnis adalah sebuah lembaga yang menghasilkan jasa dan barang yang sedang diperlukan oleh masyarakat. Namun apabila kebutuhan keperluan masyarakat meningkat, maka dari lembaga bisnis akan meningkatkan produksinya untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat sambil mendapat keuntungan.
2.    Musselman dan Jackson (1992)
Bisnis merupakan jumlah dari kesulurahan aktivitas yang diorganisir oleh orang yang sedang berkecimpung di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan memperbaiki kualitas hidup.
Saya simpulkan, bisnis adalah sebuah organisasi yang menyediakan atau memproduksi barang atau jasa bagi kepentingan hidup orang banyak untuk mendapat keuntungan.

Nah, saya akan menganalisis studi kasus bisnis di Indonesia dengan menggunakan analisis promosi sampai dengan analisis SWOT. Sebagai contoh fast food restaurant yang sudah terkenal di Indonesia yaitu McDonald’s Indonesia.

  1. Sejarah McDonald’s Indonesia
Restoran McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc, MBA adalah warga Negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing.
  1. Produk
McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji.
  1. Price
Penentuan harga ditetapkan berdasarkan dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut.
  1. Place
Lokasinya harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu kawula muda dan keluarga.
  1. Promotion
ü  Advertising, melalui stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan McDonald’s dan promosi menggunakan spanduk, banner, maupun poster.
ü  Show case, yaitu berupa merchandise McDonald’s.
ü  Event, yang dilaksanakan di McDonalds dijadikan sebagai sarana promosi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
  1. Analisis SWOT
§  Strengths, hadirnya sistem delivery orderyang mudah digunakan oleh konsumen yaitu dengan menelpon 14045.
§  Weakness, teknik pemasaran atau periklanan yang mengutamakan pada anak-anak.
§  Opportunities, berlanjut untuk menggunakan teknologi dalam mempengaruhi strategi pendapatan, misalnya menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.
§  Threat, bagi konsumen yang sadar akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar