Minggu, 14 Desember 2014

Sejalannya Teknologi Informasi dengan Bisnis



Bisnis memang tidak akan pernah terlepas dari kehidupan ditambah lagi dengan berkembangnya zaman dan berkembangnya juga pola pikir manusia dalam menggunakan teknologi, membuat keduanya (teknologi dan bisnis) tidak dapat dipisahkan. Disini saya akan membahas hubungan teknologi dan bisnis yang berupa e-procurement”.

Sebelumnya mungkin kalian sudah mengenal apa itu e-procurement? Atau mungkin kalian sama sekali belum pernah mendengar apa itu “e-procurement”?

e-procurement merupakan sistem pengadaan barang atau jasa yang menggunakan media elektronik seperti internet atau jaringan komputer. Sistem ini diterapkan dalam proses pembelian dan penjualan secara online.

Tujuan di terapkannya e-procurement agar penjualan maupun pembelian lebih efisien, transparan, akuntable, dan dapat mengurangi proses-proses yang tidak diperlukan seperti mengurangi penggunaan kertas, menghemat waktu, serta mengurangi tenaga kerja dalam prosesnya.

Sistem diatas pada awalnya diterapkan oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) yaitu perusahaan yang bergerak dibidang minyak dan gas. Perusahaan tersebut pertama kali memanfaatkan sistem tersebut dalam menerapkan modul buyer, modul sourcing, contract dan modul analisis. PT  Chevron Pacific Indonesia (CPI) menerapkan sistem tersebut untuk megetahui sejauh mana penerapannya bermanfaat bagi publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar